Apa Perbedaan Tabungan Pendidikan Dengan Asuransi Pendidikan?

Semakin berkembangnya bisnis asuransi ini, membuat para pelaku bisnis ini mengembangkan sayapnya untuk terus berupaya memberikan yang sesuai dengan kebutuhan pada masanya. Produk-produk asuransi tentunya banyak namun dari berbagai produk tersebut tentunya kita harus mengerti dan manfaatnya agar tidak keliru memilihnya dan sesuai kebutuhannya.
Berbicara mengenai produkk asuransi, maka perlu kita ingat jika saat ini ada yang namanya asuransi pendidikan. Lalu apa perbedaannya asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan dalam segi tolak ukur manfaat dan keuntungannya?, berikut perbedaannya :

Tabungan pendidikan

- Apabila menabung di tabungan pendidikan atau tabungan rencana, maka tingkat keuntungan atau bunga yang Anda dapatkan tentu cocok dengan ketetapan bunga sesuai dengan kesepakatan. Maka, dengan memilih menabung di tabungan pendidikan atau rencana, Anda akan mendapatkan bunga sebesar yang telah ditetapkan tersebut dan nilainya tidak akan mungkin berkurang. 
- Tabungan pendidikan atau lebih kita kenal dengan tabungan rencana, termasuk ke dalam tabungan berjangka panjang yang merupakan produk keuangan khusus yang dikeluarkan oleh bank. 
- Tabungan pendidikan ini telah dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan atau LPS, yang artinya jika nanti terjadi kasus seperti bank tempat Anda menabung mengalami kebangkrutan, nilai tabungan akan tetap aman. 
- Tabungan pendidikan adalah tempat ideal untuk menjaga keutuhan modal yang kita miliki. 
- Tabungan pendidikan merupakan produk tabungan berjangka yang biasanya hanya memiliki jangka waktu 2 tahun ke atas. Jika dengan tabungan pendidikan, Anda harus menyetorkan sejumlah dana setiap bulan secara rutin hingga waktu jatuh tempo yang telah ditentukan. 

Asuransi Pendidikan

- Asuransi pendidikan tidak termasuk produk bank dan tidak dijamin oleh LPS. Sejatinya Asuransi ini merupakan produk dari perusahaan asuransi yang menawarkan produknya lewat bank yang berperan sebagai agen penjual unit link.
- Tingkat keuntungan yang Anda dapatkan dari produk asuransi pendidikan unit link bersifat tidak pasti atau tidak tetap. Hal ini tentunya dipengaruhi oleh kinerja investasi dan risiko investasi itu sendiri. Sebagai contoh saja, jika Anda memilih reksadana saham sebagai instrumen investasi, maka naik-turun harga saham dan kondisi pasar modal akan sangat mempengaruhi fluktuasi nilai dana investasidalam asuransi unit link Anda.
- Berbeda halnya dengan asuransi pendidikan, kesehatan atau asuransi mobil yang fungsinya lebih memfokuskan pada dua aspek, yaitu sebagai pelindung sekaligus tabungan serta investasi.
- Asuransi pendidikan, pada dasarnya, produk ini merupakan perpaduan kombinasi antara produk tabungan dan asuransi jiwa berjangka. Sistem kerjanya yaitu dengan menghimpun dana dari nasabah dan memanfaatkan saldo tabungan tersebut sebagai jaminan atas pendidikan anak.

Dari ulasan diatas tentunya ada sudah memahami dan memilih mana yang terbaik untuk masa depan buah hati anda. Semoga anda dapat memilah mana yang terbaik dari keduanya, asuransi pendidikan atau tabungan pendidikan.