Mengenal Istilah-Istilah Dalam Asuransi

Sebelum anda memutuskan untuk berasuransi, ada baiknya anda mempelajari secara detail tentang segala sesuatu tentang asuransi tersebut agar anda betul-betul mengerti dan memahami apa itu Asuransi. Berikut beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang asuransi :
● Agen Asuransi

Agen Asuransi, Istilah yang dipakai untuk karyawan dari sebuah perusahaan asuransi. Istilah ini dipakai untuk karyawan yang memasarkan produk asuransi kepada konsumen. Biasakan untuk mendapatkan penjelasan yang akurat dari para Agen asuransi agar asuransi yang anda ingin beli tidak berujung penipuan.

● Bancassurance

Bancassurance, Istilah ini merupakan salah satu jenis produk asuransi yang dijual dan ditawarkan oleh bank. Dengan demikian, asuransi ini memiliki target pasar yaitu nasabah sendiri. Umumnya, seseorang yang mengajukan pinjaman secara konvensional diharuskan untuk memilih Bancassurance yang dapat menanggung asuransi kreditmu.

● Biaya Akusisi Asuransi

Istilah biaya akusisi asuransi ini untuk menyebut pembayaran biaya penerbitan.  Biaya penerbitan ini merujuk pada kegiatan administrasi dan percetakan untuk nasabah baru ataupun lama.

● Polis Asuransi

Dalam membeli asuransi tentunya anda akan menyepakai perjanjian dengan perusahaan asuransi tersebut, maka perjanjian ini disebut dengan Polis Asuransi. Nantinya, setelah selesai tanda tangan polis, kamu akan menerima bukti berupa buku yang memuat pernyataan tentang asuransi yang sudah anda sepakati.

● Premi Asuransi

Istilah premi memiliki makna jumlah nominal yang harus anda bayarkan sesuai dengan kesepakatan dengan perusahaan asuransi tersebut. Besarnya premi ini tentunya tergantung dengan kesepakatan dari awal dan biasanya dibayarkan perbulan.

● Cuti Premi Asuransi

Bukan saja kantor, sekolah yang ada cutinya, namun di asuransi ada juga. Cuti bisa terjadi pada saat anda mengikuti suatu asuransi, ternyata anda bisa beristirahat sejenak dalam melakukan pembayaran premi.

● Flate Rate Asuransi

Flate rate, Istilah untuk sistem pembayaran premi dengan nominal yang sama tiap bulannya. Jika kamu sudah menyetujui untuk melakukan pembayaran premi untuk setiap bulan sesuai dengan nominal perjanjian awal, maka nominal ini akan selalu sama hingga waktu yang telah ditetapkan bersama minimal 5 tahun ke depan.

● Klaim Asuransi

Klaim dipakai saat pihak polis melakukan tuntutan untuk mendapatkan haknya dari perusahaan asuransi. Sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati, anda berhak memperoleh uang dengan nominal puluhan juta jika memang terjadi kecelakaan. Dengan begitu, kamu bisa mengajukan klaim kepada perusahaan asuransi sesuai dengan perjanjian yang disepakati bersama dengan bukti cek.

● Uang Pertanggungan Asuransi

Istilah uang pertanggungan digunakan untuk menyebut jumlah uang klaim yang telah dicairkan oleh perusahaan asuransi seperti klaimmu disetujui dan perusahaan asuransi akan memberikan sejumlah uang sesuai dengan kesepakatan.

● Cash value Asuransi

Setelah anda mengajukan klaim, maka akan menerima uang tunai dari perusahaan asuransi. Total uang yang kamu dapatkan inilah yang disebut dengan cash value.

Itulah istilah-istilah yang ada dalam bisnis asuransi. Semoga dapat memberikan pengetahuan tentang segala sesuatunya sebelum anda memutuskan untuk berasuransi.